Senin, 08 November 2010

Mudik Euy! (1)

setelah lama banget vakum untuk nulis, saya pengen share pengalaman saya pas idul fitri tahun 2010 eummm sekitar 2 bulan yang lalu. udah agak lama juga yaa ckck hahahaha

Jadi gini mbak dan mas-mas sekalian, perjalanan mudik itu emang selalu excited buat saya. Yang paling menyenangkan itu adalah ketika di perjalanan saya bisa ngeliat berbagai kultur budaya orang-orang yang berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya. Hal ini bisa saya liat dari aktivitas harian warga juga dari bentuk fisik kebudayaannya, seperti yang paling jelas terlihat adalah bentuk-bentuk arsitektur dan ornamen rumah yang berbeda tiap daerah.

Okey, yang di atas selingan doang,. Ini yang sebenarnya terjadi waktu itu.

Semua bermula pada tanggal 7 September, malam hari. Sekitar jam 10an malem lah, saya rencananya berangkat sama keluarga (biar gak kena macet makanya berangkat jam segini). Semua udah saya masukin ke mobil, mulai dari baju dkk, makanan-minuman, bahan bacaan (saya bawa buku Marmut Merah Jambu yang baru saya beli, juga Al-Quran beserta terjemahnya) wess keren. Hape udah saya charge dan saya mandiin kembang 7rupa (emh, enggak gitu juga deng). Eh tau-tau apa yang terjadi sodara-sodara, keberangkatan di cancel, lebih tepatnya delay gara-gara bokap sebagai supir tunggal kecapean dan ngantuk mode on. Okeh maklum banget kan pemirsa sekalian,. Akhirnya saya dan keluarga pergi ke alam mimpi sampai jam setengah 3 pagi 8 September bangun buat sahur. Yapz coy, sebagai keturunan kakek-nenek saya (yaiyalah) saya dan keluarga mutusin buat tetep puasa selama di perjalanan sampe kita ngerasa bener-bener gak kuat nantinya zzZZzzzZ. Setelah sahur, sekitar jam setengah 4an saya cabut, ninggalin bogor dan isinya. Saya rada sedih waktu itu, soalnya ada keinginan saya ngabisin waktu liburan waktu itu dengan jalan bareng temen pas smp dulu juga barengan si ehem, tapi mau gimana lagi, saya juga pengen banget mudik. Target saat ini adalah keluar tol cikampek sekitar pukul 5 pagi dan sampai di Cirebon sebelum jam 8 dengan asumsi jam segitu aktivitas lokal warga belum mulai secara utuh. jadi gak nambah ribet kemacetan di jalan,. oke mangstab! teori bokap saya bahkan tidak diketahui oleh mbah einstein.


Saya dan keluarga pun berangkat menyusuri tol jagorawi, menuju tol cikampek. Tapi ada hambatan pemirsa, sebelum nyampe cikampek ada arus yang ditutup, bagi yang mau nunggu boleh nunggu sampe arus dibuka tapi ada juga pengalihan ke arah lain,. Bokap menduga itu ke arah Dawuan, dan kata bokap gapapa kalo lewat sana juga. Eh tapi ternyata eh ternyata itu arah ke Sadang!! Geblegg. Untuk menenangkan diri akibat kesalahan itu kita mampir ke rest area dulu, nyokap dan adek saya yang sedari tadi molor pun turun karena panggilan alam, bokap juga begitu, berhubung kami puasa jadi gak beli makanan (hemat dan sehat. Amin). Nah saya sendirian di mobil baca Quran, yang lebih saya baca dan pahami saat itu adalah terjemahannya, asooyy!

Keluar dari rest area si babeh bilang, “yaudah kita lewat jalur selatan aja yo. Soalnya ini lebih deket ke arah bandung ketimbang harus balik lagi ke jalur utara” Sipp, saya ngangguk, memicingkan mata, menghentakkan kaki, mengacungkan jempol, ngupil dan dengan tegas mengiyakan. Tapi entah ada angin dari mana, bokap mengubah pikirannya dan lalu memutuskan lewat jalur utara aja. Akan tetapi dasar apes, keluar tol kita udah diserbu ama macet, huft dan itu udah jam setengah7. Dengan ini plan A gagal dan beralih ke plan B yaitu Alon-alon waton kelakon. Wedehh!! Karena pengalihan arus, lagi-lagi kita kudu nurut untuk lewat jalur tengah, yaitu kalo gak salah daerahnya tuh yang kita lewati antara lain subang, buah dua terus mana lagi gitu tau-tau nanti juga nembus di Cirebon. Nah, alhasil kita ketemu di suatu jalan yang lebarnya hanya sekitar 5-6 meteran lah, cukup untuk 2 lajur doang, kita Cuma ngikutin arus di depan doang waktu itu, jadi kita ngira tuh jalan one way, kebetulan kita ada di lajur sebelah kanan. Dan tiba-tiba macet deui. Sebabnya yaitu : Jeng-jeng!! itu teh ternyata 2 jalur dan bukan one way. ZzzZZZzzZZ . karena arus dari arah berlawanan dari kita gak bisa lewat, mobil-mobil yang ada di lajur kanan pun kudu harus mesti nyempil-nyempil masuk ke lajur kiri,. Dan disinilah awal mula saya gondok. Tadinya tuh di depan kita ada banyak banget mobil malah ada bus segala tapi sekarang secara tiba-tiba semua ilang dan mobil saya yang jadi paling depan di lajur kanan. Mengingat ada mobil dari arah berlawanan, kita stuck! Memakan waktu 20menitan, lalu ada banyak motor yang bisa nyempil lah dikit-dikit dari arah berlawanan yang lewat,. Dan yang bikin kesel dan gondok adalah mereka maki-maki kita gara-gara asumsi mereka tuh kita gak sabaran dan nyerobot lewat lajur kanan alhasil jadi mampet kan tuh lalu lintas. Padahal kan bokap cuma ngikutin mobil di depannya tadi dan gak tau kalo ini tuh bukan one way. Beuhh untung puasa Ya Allah, coba kalo enggak, udah tawuran saya disitu. Lajur sebelah kiri pun sedikit bergerak dan ini kesempatan buat nyempil hehe. Mobil kita pun sudah kembali pada lajurnya, kembali menjalani kemacetan di JALUR ALTERNATIF yang tetep weh macet ckck apa artinya alternatif kalo gini mah?!

Okeh, berhubung masih panjang banget ceritanya jadi saya udahin dulu sampe sini,. Ini tuh masih di daerah Sadang, sedangkan tujuan saya adalah Pacitan.
Dilanjut kalo saya sempet nulis lagi ntar ato mungkin besok. Okay?

3 komentar:

  1. ini teh tadinya tulisannya pake kata-kata gue-lu gitu, berhubung terlalu gaul, jadi diganti deh hahaha maap kalo agak kaku jadinya

    BalasHapus
  2. ternyata pak hutomo yoga sangat memahami nyempil menyempil. heboh gila itu tulisan udah kaya nonton balapan kuda ! huahaa keep posting goy !

    BalasHapus
  3. yoi thanks nanda . lu juga keep posting sist ! ingatlah SPBU

    BalasHapus

Find something ?