Senin, 29 Agustus 2011

Jadi Orang Baik

asmikum
emm sebetulnya gue bingung mau nulis apa di sini tapi ada satu hal nih yang lagi gue emm pikirkan banget haha yakni menjadi orang yang baik

entah asem ketek siapa yang gue hirup, entah debu dari kolong sofa yang mana yang memedihkan mata gue, dan entah upil yang menempel di balik meja siapa yang telah merangsek masuk ke pikiran gua yang membuat gue menjadi berubah halauan seperti ini. gue juga gatau apakah ini pikiran sesaat gue doang di malem ini doang apa gimana, tapi gue tuh lagi pengen banget jadi orang baik haha bener-bener baik di mata siapapun, bukannya baik di satu sisi dan menyimpan keburukan di sisi lainnya haha gaya banget dah

gue merasa gue tuh selama ini kurang bisa dipandang sebagai orang yang baik meskipun sekarang ini banyak juga kali ya yang nganggep gue alim gimana gitu, tapi gak dikit juga yang pada nganggep gue gak lebih dari brengsek. tapi gue bersyukur juga karena gue inget kata pepatah gue (raditya dika) "laki-laki cuma ada 2 tipe kalo gak brengsek ya homo" yeah it means i'm not a homo. tapi gue bercita-cita banget menjadi seorang "brengsek" yang baik

langkah yang harus banget saat ini gue lakukan adalah gue menampilkan hanya satu sisi saja yang benar-benar gue ke semua orang secara adil dan merata tanpa memilih. selain berarti tidak menjadi sok baik sok heroik sok sok sok yang baik lah pokonya ke beberapa wajah saja, langkah ini juga berarti harus menurunkan derajat kebaik-bangetan gue yang gue berikan ke sebagian mata. gue juga harus menaikkan rating gue yg tadinya dianggap buruk di sebagian mata menjadi ya minimal mendekati baik lah

langkah berikutnya adalah care, gue mungkin serampangan banget sebelum ini dengan kurang care dan semau gue aja ke orang, tapi dengan beberapa pelajaran dari proses pergaulan yang gue alami yang makasih banget alhamdulillah gue jadi lebih bisa peduli khususnya sama perasaan orang nganggep gue gimana gimananya di hati dia, dan menjaga perasaan baik semua orang ke gue (kepercayaan, sayang, dll.) dengan tidak menyakiti dan mengecewakan supaya gak malah jadi kebalikannya di suatu saat.

emm semua ini gue ungkapin karena entah bener apa enggak, berkah ramadhan juga kali yaa, banyak dengerin kultum di masjid, solat gue pun lebih banyak di bulan ini, dan gue jadi sering mendapat pemikiran perenungan-perenungan gitu bahwa gila sumpah hidup yang dikasih sama Tuhan ke lu semua tuh gak lebih cuma sebagai ujian demokratis yang Dia kasih buat kita milih apa yang pengen kita lakuin dan tentu saja dapatkan ganjarannya nanti di akhirat. gue sebagai orang yang alhamdulillah masih diberi iman gue percaya banget akan kehidupan akhirat nanti yang abadi. gue gak ada maksud riya'(pamer) sama sekali di paragraf ini karena kalo gue riya', ngapain juga gue melakukan semua amal itu, karena jatohnya cuma bikin sombong doang dan pasti gak diterima sama Yang Maha Kuasa.ini cuma buat gambaran juga sih buat kalian gimana kalo kalian makin deketin diri ke Dia, pasti ada aja kok cara Dia buat ngehargain usaha lu dan menyadarkan elu semua guys

so gue juga mikir gimana tentang perhitungan-perhitungan amalan amalan gue nanti di sana. gue takut kebanyakan buang waktu buang kesempatan untuk mengumpulkan yang baik-baik dan malah melakukan sebaliknya. gue yang notabenenya punya kesalahan dan dosa yang udah numpuk mencoba buat mengimbanginya saat ini dan semoga gue tetep dalam "kesadaran" ini sampai nanti banget dan insyaallah selamalamalamalamalamalamalamalamalamanya

satu lagi yang juga gue pernah dapet lewat salah satu kultum, bahwa kesalahan/dosa manusia kepada Allah (menurut gue jika tidak sampai dosa besar seperti syirik, dll.) yakni melanggar perintahNya dan mendekati laranganNya, akan dengan mudah Allah Yang Maha Pengampun maafkan dan ampuni jikalau kita meminta akan hal tersebut dan bertobat. ini gak berarti jika lu salah lu tobat terus ngelakuin hal yang sama terus tobat lagi gitu aja terus sampe kiamat, emm advice gue, ketika lo melakukan suatu pertobatan atau pengakuan terhadap dosa lu ke Allah SWT, jika lu masih ragu bahwa ke depannya lu gak bakal ngelakuin dosa yang sama, maka mohonkan juga ke Dia buat bantu elu, jujur aja lah ke Tuhan mah, bilang aja lu masih ragu masih setengah hati masih kayaknya ada kemungkinan berbuat dosa yang sama di kemudian hari, jadi lu minta bantuan Tuhan buat secara bertahap menjauhkan lu dari perbuatan dosa tersebut, dari segi intensitas mungkin, dan minta jalan ke Dia buat lu jadi lebih baik juga makin gak mau berbuat dosa yang sama atau mungkin kalau lu masih aja mau berbuat dosa yang sama mohonkan jalan "pemaksaan" buat mencegah lu melakukan hal tersebut, insyaallah nantinya tanpa lu sadari Dia melalui apapun dan siapapun gak ngebiarin lu berbuat dosa yang sama, mulai dari dia ngecut semua kesempatan berbuat dosa lu, mengingatkan melalui banyak hal, dan itu awalnya pasti lu gak nyadar Dia udah ngabulin permohonan lu. dan ketika lu sadar jangan lupa berterima kasih ya bos hahaha
akan tetapi dosa kepada sesama manusia akan menjadi penghambat terbesar kita memasuki kebahagiaanNya, memasuki surgaNya, jikalau sampai akhir waktu kita, orang yang kepadanya kita pernah berdosa belum memaafkan kita. ini penting bahwa bertobat bukan hanya ke Allah semata tetapi perlu juga kita menengok ke sesama kita dan meminta maaf ke mereka (baca kata-kata yg dibold jadi satu yaa)

berkaitan dengan ini juga maka gue melalui ini mencoba meminta maaf kepada yang mungkin baca postingan gue ini walaupun followers gue aja dikitnya banget di blog ini tapi tetep aja, emm gue minta maaf apabila selama ini ada kesalahan yang pernah gue lakuin baik disengaja maupun tidak segala kekhilafan mohon dimaafkan dan diampuni dalam rangka menjaga hubungan baik kita sesama ciptaanNya dan dalam rangka meneladani sifatNya Yang Maha Pengampun.

wassalam :)

2 komentar:

Find something ?